Rabu, 21 Maret 2012

Persebaya - N’Kong Belum Berlatih

Ambisi Persebaya Surabaya menurunkan kekuatan penuh pada uji coba melawan klub asal Malaysia Negeri Sembilan FA di Stadion Tuanku Abdul Rahman Stadium,Minggu (25/3),tampaknya tidak akan terwujud.

Sebab,salah satu pemain baru mereka,Alian Mosley N’kong,belum bergabung dalam latihan di Stadion Gelora 10 November,sore kemarin. Uji coba itu sebetulnya diharapkan menjadi salah satu uji kemampuan bagi gelandang asal Kamerun itu.Maklum,dari dua pemain asing baru yang direkrut Persebaya, kemampuan N’kong belum terlihat saat pertandingan resmi.

Sementara Gaston Fernando Soler sudah menjalani debut perdana Persebaya dengan mencetak dua gol ketika menggilas tuan rumah Bontang FC pada laga pamungkas putaran pertama Indonesian Primer League (IPL),Sabtu (16/3). Menurut Pelatih Persebaya Divaldo Alves,saat ini N’kong masih di Jakarta mengurus Sertifikat Transfer Internasional (ITC) sebagai salah satu syarat bisa bermain di Indonesia.

Selain N’kong,bek kanan yang akhir-akhir ini menjadi penghuni line-up pemain inti Yusuf Hamzah juga masih pulang kampung di Makassar untuk mengurus paspor.“N’kong masih mengurus ITC, itu urusan pusat.Tapi,kalau bisa,secepatnya bergabung agar bisa tampil di Malaysia nanti,“ ujar pelatih asal Portugal ini. Keputusan Persebaya menggaet N’Kong dengan sistem gaji per bulan ini sempat memicu kontroversi.

Sebab,kemampuan mantan pemain timnas Kamerun itu belum teruji.Apalagi,dia hanya punya pengalaman bermain di Indonesia setengah musim bersama Atjeh United.Selain itu, manajemen Persebaya juga tidak menerapkan tes fisik seperti pemain asing seleksi sebelumnya karena alasan keterbatasan waktu pendaftaran pemain.

Sementara trio Persebaya yang sebelumnya absen karena memperkuat tim nasional (timnas) Indonesia U-21 Andik Vermansyah, Nurmufid Fastabiqul Khoirot,dan Miko Ardiyanto sudah tampak bergabung bersama Erol Iba dkk. Andik dipastikan akan dibawa ke Malaysia. “Mereka sudah recovery. Soal kemungkinan tampil atau tidak di Malaysia,belum bisa dipastikan.Tapi, mereka tetap akan kami bawa,”ujar mantan pelatih Persijap dan Minangkabau FC ini.

Dalam latihan kemarin,dua pemain belakang Persebaya Otavio Dutra dan Rivelino Ardiles tampak kurang fit. Keduanya hanya berlatih ringan di pinggir lapangan.Rivelino yang absen dalam laga melawan Bontang FC masih menjalani perawatan cedera hamstring. Bahkan,
secara khusus Rivelino mendapat perawatandari fisioterapis Persebaya M Yanizar.Setelah libur tiga hari,Divaldo langsungmemfokuskan kemungkinan strategi yangakan dipakai melawan Negeri Sembilan FA.

Maklum,karena masih jeda kompetisi,pertandingan melawan klub Malaysia SuperLeague itu juga tinggal empat hari lagi.“Kami sudah harus fokus taktik menghadapi Negeri Sembilan,” ujar Divaldo.Yang jelas,Divaldo tak mau meremehkanNegeri Sembilan FA.Tim berjuluk Sang Rusaitu dianggap lawan sepadan.“Sudah banyak informasi yang saya ketahui tentang Negeri Sembilan.Mereka tim kuat.Tapi,saya juga sudah tahu kelebihan dan kekurangannya, tinggal sekarang bagaimana melatih taktik menghadapi mereka,“ kata Divaldo.

Kubu Persebaya berharap bisakembali mengulang sukses seperti ketika mengalahkan tim asal Malaysia KelantanFA di ajang Unity Cup 2011.“Pengalaman menghadapi Kelantan FA menjadi modal berharga buat pemain.Mereka sudah terbiasa dengan atmosfer di Malaysia. Yang penting,jangan sampai kalah di sana, kalau bisa,menang,“ ucap Divaldo.

Di sisi lain,Andik mengaku sudah siapkembali merumput bersama Persebaya setelah absen dalam tiga pertandingan diajang IPL,termasuk ketika meminta waktu istirahat saat Persebaya menghadapi Bontang FC.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar