Kamis, 01 Maret 2012

Persebaya - Tes Fisik Oke, Ibra Tinggal Teken Kontrak

Selangkah lagi Ibrahima Iyane Thiam bakal membela Persebaya Surabaya.Prediksi itu lantaran mantan pemain timnas Senegal U-23 itu dinyatakan lolos tahapan seleksi,termasuk tes fisik pagi kemarin.

Manajemen Persebaya bahkan tak tanggung-tanggung memastikan kondisi fisik Ibra—sapaan Ibrahima—tidak mengalami masalah.Kubu Bledug Ijo, julukan Persebaya, memberlakukan tiga tes kesehatan sekaligus.Pertama,menjalani general check-updi Pramitha Laboratorium. Selama hampir satu jam, pemeriksaan organ dalam dilakukan mulai dari jantung, darah,urine,fungsi lever,hingga ginjal. Kemudian dilanjutkan tes Magnetic Resonance Imaging (MRI) di Rumah Sakit Husada Utama.

MRI merupakan teknik pengambilan gambar potongan melintang dalam tubuh menggunakan medan magnet dan gelombang radio.Hasilnya,bisa digunakan menganalisis kondisi kesehatan melalui gambar yang tajam dan detail.

“MRI juga digunakan untuk identifikasi patah tulang dan kerusakan sendi.Kami lihat keadaan otot,ligamen,dan jaringan sekitar lutut.Nanti ketahuan kalau ada riwayat cedera.Ada dokter khusus yang bisa membacanya,yaitu dokter radiologi,”kata dokter tim Persebaya dr Heri Siswanto,yang ikut mendampingi Ibrahima menjalani tes, kemarin.

Setelah dari Husada Utama,Ibra dibawa ke Laboratorium Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menjalani tes fisik VO2 Max.“Tes yang kami lakukan ini sudah lengkap. Hasilnya nanti akan didiskusikan tim medis dan pelatih.Soal nanti dikontrak atau enggak,terserah pelatih,”tandas Heri. Wajar jika Persebaya cukup ketat memberlakukan tes fisik lengkap kepada pemain.

Sebab,Bledug Ijo punya kenangan buruk terkait perekrutan pemain asing. Pada musim 2009/2010,Persebaya sempat mengalami kerugian besar ketika telanjur mengontrak Ngon A Djam tanpa melalui tes medis. Saat itu,Ngon langsung dikontrak karena datang dua hari jelang kompetisi bergulir. Celakanya,di tengah perjalanan, ternyata kondisi Ngon cedera dan tidak bisa tampil maksimal bersama Persebaya.“Kami lakukan bermacam tes untuk mengantisipasi kejadian seperti itu tidak terulang,”ucapnya.

Meski belum diketahui lengkap hasil tes medis,kemungkinan besar kondisi fisik Ibrahima tidak bermasalah.“Tidak ada catatan cedera,kondisinya baik-baik saja. Cuma,dia sempat mengeluhkan cuaca di Surabaya.Dia masih butuh adaptasi cuaca,” ujar tim fisioterapi Persebaya Izar. Sinyal Ibra bakal segera teken kontrak juga ditunjukkan Pelatih Persebaya Divaldo Alves.

Menurut dia,soal kemampuan mantan pemain Divisi II Liga Belgia itu memenuhi persyaratan sebagai striker. “Kontrol dan penguasaan bolanya cukup baik.Itu menjadi salah satu syarat untuk bisa menjadi striker Persebaya,”ujar pelatih asal Portugal ini.

Disinggung soal cedera Ibra yang didapat saat menjalani latihan,Selasa (28/2), Divaldo tidak mempermasalahkan.Saat itu Ibra bertabrakan dengan Aulia Ardy.“Cuma cedera biasa,sepekan mungkin sudah sembuh.Tidak menjadi masalah,“ tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar