Rabu, 11 April 2012

Dapat Bye, Keuntungan Persebaya-Persibo

Persebaya Surabaya dan Persibo Bojonegoro mendapat keuntungan dalam drawing Piala Indonesia. Kedua klub yang bertarung di Indonesian Premier League (IPL) ini mendapatkan bye sehingga tak bertarung di babak dua dan langsung ke babak ketiga.

Dari sejumlah klub Jawa Timur yang lolos ke babak dua, hanya Persibo dan Persebaya yang mendapat keuntungan ini. Sedangkan tim IPL lain seperti Arema Indonesia dan Persema Malang harus terlebih dulu berjibaku di babak dua.

Dari tim Divisi Utama, sementara yang meraih tiket ke babak kedua adalah Persik Kediri, Persipro Bondowoso United dan Madiun Putra FC. Diikuti tim lain yakni PSBI Blitar dan Gresik United masih harus menunggu pertandingan yang masih dalam penundaan.

Di babak kedua nanti, bakal terjadi dua derby Jawa Timur. Derby pertama mempertemukan Arema FC kontra Persipro Bondowoso United yang rencananya leg pertama digelar 14 April. Sedangkan Persema Malang bakal bentrok dengan pemenang antara Gresik United-PSBI Blitar.

Khusus Persebaya, di babak ketiga nanti bakal menghadapi lawan yang relatif ringan, yakni pemenang antara Persikab Bandung vs PSLS Lhokseumawe. Sementara Persibo agak berat karena bisa saja bertemu sesama tim IPL, yakni Persema Malang.

“Keuntungan mendapat bye adalah kami lebih ringan terkait jadwal pertandingan karena tidak bertanding di babak kedua. Jika harus bertanding di babak kedua, Persibo akan lebih berat karena pada April harus melakoni tiga partai away di IPL,” ujar Nur Yahya, manajer Persibo.

Persibo sendiri belum begitu bergairah di Piala Indonesia karena sama sekali belum bertanding. Sistem di Piala Indonesia memang mendahulukan tim Divisi Utama yang bertarung di babak pertama. Tim IPL baru start di babak kedua.

Pantas jika Persibo sendiri belum begitu memikirkan laga ini karena karena lebih memilih terkonsentrasi ke IPL. Sedangkan untuk Persebaya, sudah bertekad untuk konsentrasi penuh di Piala Indonesia. Manajer Persebaya Saleh Hanifah mengatakan timnya bakal tetap serius di mana pun berlaga.

Persebaya, menurutnya masih mempunyai potensi untuk menggapai hasil maksimal di IPL maupun Piala Indonesia. Dengan begitu pihaknya tidak mau tanggung-tanggung saat tampil di dua kompetisi tersebut. Apalagi Persebaya disebutnya mempunyai kesempatan bagus.

“Kami mendapat tiket langsung ke babak ketiga adalah kesempatan bagus untuk mendapat hasil maksimal di Piala Indonesia. Saya rasa semua elemen tim juga sepakat kami haus memanfaatkan kesempatan yang ada, baik di IPL maupun Piala Indonesia,” tutur Saleh.

Namun ia ingin tim tetap memprioritaskan IPL karena sejauh ini Persebaya juga belum berjibaku di Piala Indonesia. “Karena sekarang yang bergulir IPL, maka konsentrasi ke IPL dulu. Nanti baru kami pikirkan bagaimana kans di Piala Indonesia,” cetus Saleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar