Jumat, 01 Juni 2012

Menang untuk Dongkrak Posisi

Perlahan tapi pasti, Persebaya mulai menemukan permainan terbaiknya. Dengan komposisi sudah komplet, Bajul Ijo berharap bisa menjinakkan Macan Kemayoran untuk kedua kalinya. Kedua tim akan bersua di Stadion Gelora 10 Nopember, Minggu (3/5/2012) besok sore. Tanpa ragu, tuan rumah yakin bisa mengemas tiga angka dan mendongkrak peringkat mereka ke lima besar.
Setelah terpuruk di tiga pertandingan away, pelan tapi pasti Persebaya mulai bangkit. Bontang FC mereka taklukkan dengan skor tipis 1-0. Selanjutnya, tim papan atas Malaysia Super League (MSL), Negeri Sembilan FA diganjar dengan skor telak 4-1. Kembali ke pentas Indonesian Premier League (IPL), Persebaya menundukkan saudara muda mereka, Persibo dengan kedudukan 2-0.
Terakhir, Bajul Ijo melumat tim Divisi Utama, PSLS dengan skor telak 3-0 dalam ajang Piala Indonesia 2011. Nah, untuk pertandingan besok, tiga poin menjadi bidikan utama anak asuh Divaldo Alves. "Terus terang saja posisi kita jauh di bawah. Pelan tapi pasti kita harus merangkak ke atas. Mudah-mudahan tren ini terus menaik," tegas manajer Persebaya, Saleh Hanifah, Sabtu (3/6/2012).
Mengenai kondisi pemain, Persebaya diuntungkan karena strategi rotasi saat bertemu PSLS berhasil. Meski memainkan tujuh pemain cadangan, Persebaya bisa unggul telak 3-0. Saat itu, Divaldo hanya memainkan empat pemain inti, yakni Yusuf Hamzah, Otavio Dutra, Walter Brizuela dan Jusmadi. Sedangkan, tiga pemain inti lainnya dimasukkan sebagai pengganti di babak kedua.
Bek yang menikmati posisi anyar sebagai striker, Mat Halil hanya main 32 menit, gelandang yang baru pulang memlela Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Taufiq main 21 menit. Sementara top skor Persebaya saat ini, Fernando Soler main 15 menit. Sementara pemain lain, seperti Andik Vermansyah, Erol Iba, Mario Karlovic serta kiper Endra Prasetya menyaksikan teman-temannya dari tribun penonton.
"Untuk kondisi fisik saya kira tidak masalah. Tapi memang coach Divaldo kembali harus memutar otak untuk menjaga stamina pemain tetap bugar," timpal Media Relation Persebaya, Ram Surahman. Itu karena, Rabu (6/6/20120 nanti, mereka away ke Kediri menghadapi Persik dalam babak perempatfinal Piala Indonesia.
Persebaya punya modal berharga. Sebab pada pertemuan pertama, Bajul Ijo menjungkalkan Persija dengan skor 2-0. Dalam pertandingan yang dihelat di Stadion Sultan Agung, Bantul, 16 Januari lalu, gol-gol Persebaya disumbangkan striker asal Australia, Andrew Barisic. Barisic sendiri saat ini sudah hijrah ke Arema Indonesia.
Menurut catatan statistik, dari total enam pertemuan, Persebaya hanya dua kali menang, sekali imbang dan tiga kali kalah. Saat bertindak sebagai tuan rumah, Bajul Ijo sekali menang dan sekali kalah. Jika besok Persebaya, mereka punya kans untuk naik tiga strip ke posisi tiga. Dengan catatan Persema kalah atas tuan rumah Bontang FC dan Persiraja takluk atas Arema. Jika Persema dan Persiraja, maka Bajul Ijo harus puas di peringkat lima.
Untuk laga besok, posisi penjaga gawang kemungkinan kembali ke tangan Endra Prasetya. Kuartet lini belakang masih dipercayakan pada Erol Iba (C), Yusuf Hamzah, Otavio Dutra dan Jefri Prasetyo. Tiga gelandang di tengah adalah, Taufiq, Walter Brizuela dan Mario Karlovic. Untuk lini depan, Divaldo memasang tridente, Fernando Soler, Mat Halil dan Andik Vermansyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar