Rabu, 20 Juni 2012

Piala Indonesia: Diwarnai Mogok, Persebaya Bungkam Semen Padang

Persebaya Surabaya berhasil mengalahkan Semen Padang 2-0 di leg pertama semifinal Piala Indonesia, Rabu (20/6). Laga yang berlangsung di Gelora Bung Tomo ini sendiri diwarnai aksi mogok main tuan rumah di babak kedua.

Setelah unggul satu gol di babak pertama melalui gol Mat Halil di menit ke-11, Persebaya tetap tampil menggebrak di menit-menit awal babak kedua. Di tiga menit awal mereka sudah mendapatkan dua kesempatan melalui Fery Ariawan dan Fernando Soler. Untuk peluang Soler, bola malah terlihat sudah melewati garis gawang sebelum dihalau Jandia Eka Putra. Namun wasit Abdul Malik tak menganggapnya sebagai sebuah gol.

Tak mau terus tertekan, pelatih Semen Padang, Suhatman Imam pun melakukan pergantian pemain. Yu Hyunkoo keluar digantikan Rudy di menit ke-52.

Persebaya akhirnya harus bermain 10 orang saja ketika Jusmadi mendapatkan kartu kuning keduanya di menit ke-60 usai menekel M.Rizal. Pelatih Divaldo Alves pun langsung bereaksi dengan menarik keluar Fery Ariawan. Gelandang bertahan muda, Aulia Ardli, dimasukkan untuk mengisi posisi Jusmadi.

Di menit ke-75 kericuhan terjadi dan pemain Persebaya mogok main. Mereka protes karena keputusan plin-plan wasit Abdul Malik. Usai menunjuk titik putih tanda hadiah penalti saat Fernando Soler dijatuhkan Syaefulloh dan Abdurrahman di kotak terlarang. Namun usai ia berkoordinasi dengan hakim garis, wasit meralat keputusannya. Laga pun dihentikan sekitar 10 menit karena Persebaya masuk ruang ganti sebagai tanda protes.

Setelah dirayu Bonekmania dengan nyanyian "Ayo Main" Persebaya pun bersedia melanjutkan kembali 15 menit yang tersisa. Meski wasit tak memberi penalti, mereka tetap mau melanjutkan pertandingan.

Demi mempertahankan keunggulan, Divaldo menarik keluar Otavio Dutra yang sebelumnya sempat mengantongi kartu. Jefri Prasetyo masuk menggantikannya.

Di injury time Persebaya akhirnya seolah sudah menjejakkan satu kaki mereka di final. Berawal dari kemelut usai tendangan sudut Taufiq, Mat Halil kembali mencetak gol usai menerima bola sundulan Soler. Skor 2-0 pun menutup laga ini.

Meski leg kedua masih akan dilangsungkan di Padang, namun Persebaya lebih memiliki kans untuk lolos ke final. Kalah dengan selisih satu gol saja mereka sudah dipastikan melenggang di final.

Susunan Pemain:
Persebaya: Endra Prasetya (GK), Yusuf Hamzah, Otavio Dutra, Rivelino Ardiles, Erol Iba (C), Taufiq, Jusmadi, Mario Karlovic, Mat Halil, Feri Ariawan, Fernando Soler
Pelatih: Divaldo Alves

Semen Padang: Jandia Eka Putra (GK), Abdulrahman, Saefulloh, Henki Ardiles, Tomy Rifka, Yu Hyun Ko, M Rizal, Elie Aiboy, Esteban Viscarra, Edward Wilson Junior, Ferdinand Sinaga
Pelatih: Suhatman Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar