Minggu, 06 Mei 2012

Lawan PSLS, Persebaya Siapkan Rencana Lain

Bukan tidak mungkin, Persebaya tampil pincang saat menghadapi tuan rumah PSLS di leg pertama babak ketiga Piala Indonesia, Selasa (8/5/2012) mendatang, Stadion Tunas Bangsa, Lhokseumawe. Pelatih Divaldo Alves pun mempersiapkan rencanan cadangan, atau Plan B jika hal itu terjadi.
Saat ini, tiga pemain sedang mengikuti seleksi Tim Nasional (Timnas) Senior Indonesia. Mereka adalah, Endra Prasetya, Taufiq dan Rendi Irwan. Kecil kemungkinan ketiganya dapat 'dipinjam' untuk laga lawan PSLS. Sebab hingga kini permintaan peminjaman oleh Persebaya belum mendapat respon dari manajemen Timnas.
Problem lainnya, pemain muda Andik Vermansyah juga diragukan tampil. Andik saat ini masih menjalani perawatan cedera hamstring. Cedera itu ia dapat ketika Bajul Ijo tersungkur di Makassar. Kalau pun sembuh, Persebaya juga harus siap-siap kehilangan Andik. Karena jebolan kompetisi internal PSSI Surabaya ini harus bergabung dengan Timnas U-22.
Saat ini, tim yang ditukangi Aji Santoso itu tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Jogjakarta. Tim ini akan dipersiapkan untuk laga uji coba lawan raksasa Italia, Inter Milan. Serta rencananya diikutsertakan di kualifikasi Piala Asia U-22, 23 Juni-3 Juli di Pekanbaru.
'Penderitaan' Persebaya belum berhenti. Saat ini, beberapa pemain masih dibekap cedera, antara lain, Rivelino Ardiles dan Walter Brizuela. Rivelino adalah pemain inti di lini belakang Persebaya. Duetnya bersama Otavio Dutra membuat sektor belakang Persebaya kokoh.
Terancam kehilangan enam pemain ini jelas memusingkan Divaldo. Sebab keenamnya berlabel pemain inti di tim Bajul Ijo. Sebagai antisipasi, Divaldo pun menyiapkan strategi cadangan bila keempatnya tidak bisa turun lawan PSLS. "Kita maksimalkan pemain yang ada," sebut Divaldo, Jumat (4/5/2012).
Untuk penjaga gawang, nampaknya pilihan akan ditujukan pada Dedi Iman. Sebab selama ini Dedi adalah cadangan utama ketika Endra absen, baik karena cedera maupun akumulasi. "Kalau diberi kepercayaan, saya siap," tegas Dedi. Sedangkan untuk Taufiq, Divaldo bisa memaksimalkan pemain muda, Aulia Ardly atau Wirya Kumandra.
Sementara untuk pengganti Rendi dan Andik, Divaldo lebih banyak pilihan. Di posisi itu, terdapat nama-nama pemain belia, macam Miko Ardiyanto atau Rian Wahyu. Selain itu, Divaldo juga dapat memaksimalkan Feri Ariawan dan Mat Halil. Apalagi Halil sudah mulai terbiasa dengan peran barunya sebagai penyerang.
Lalu untuk pemain yang cedera, Divaldo masih akan melihat perkembangannya lebih lanjut. "Walter sudah oke. Kondisi Rivelino sudah mulai naik. Mudah-mudahan mereka bisa main." harap Divaldo. Jika keduanya harus absen, kemungkinan besar ia menurunkan Fastabiqul Khoirot sebagai pengganti Rivelino, dan Jusmadi sebagai pelatih Brizuela.
Terkait segala kemungkinan itu, Divaldo enggan memberikan banyak komentar. Ia berdalih tak ingin membocorkan strateginya ke lawan. "Saya tidak tahu siapa yang turun. Kita lihat saja nanti," tutup pelatih asal Portugal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar