Jumat, 16 Maret 2012

Peluang Runner-Up

Kemenangan menjadi harga mati bagi Persebaya saat bentrok melawan tuan rumah Bontang FC dalam laga terakhir putaran pertama IPL di Stadion Mulawarman,sore nanti.

Menang bisa membuat Persebaya mencicipi runner-upklasemen IPL. Sementara jika sampai kalah,bisa berdampak pada posisi Erol Iba dkk di klasemen akhir putaran pertama.Mereka dapat terlempar dari 5 besar. Mendekati akhir putaran pertama, posisi Persebaya makin melorot di peringkat 4 dengan 16 poin dari 10 kali laga.Di bawah Persebaya masih ada dua tim yang mengancam,yaitu Persema Malang dan PSM Makassar.

Persema berada di peringkat 5 dengan selisih dua poin.Sementara PSM mendulang 12 poin,tapi masih potensi menyalip Persebaya karena menyisakan dua pertandingan lagi.Artinya,Persebaya harus menambah poin agar tidak keluar dari zona 5 besar pada akhir putaran pertama IPL nanti. Selain itu,jika berhasil meraup poin penuh peluang Persebaya menjadi runner-up yang kini ditempati Persiba Bantul masih terbuka.Dengan syarat,tim peringkat 3 Semen Padang tergelincir di dua pertandingan sisa.“Kemenangan di laga terakhir putaran pertama penting untuk menambah motivasi di putaran kedua nanti,” ujar Manajer Persebaya Saleh Hanifah.

Di atas kertas,kans Persebaya mencuri poin cukup terbuka meski bermain di kandang lawan.Dalam klasemen sementara IPL,Bontang berada di posisi 9 degan torehan 10 poin. Tim berjuluk Laskar Bukit Tursinaitu juga baru mendulang 2 kali kemenangan,4 kali imbang,dan 3 kali menelan kekalahan. Namun,Persebaya tetap tak bisa anggap enteng.Dari lima terakhir Bontang FC belum terkalahkan.Bahkan,di pertandingan sebelumnya,tim asuhan Eddy Simon itu berhasil menahan imbang tuan rumah Persija Jakarta.

Selain itu, Bontang FC termasuk tim jago kandang karena baru sekali kalah ketika menjamu Semen Padang dalam lima kali laga. Sementara empat pertandingan lain berakhir dengan 2 kali kemenangan dan 2 kali imbang. Untungnya Persebaya datang ke Bontang dengan amunisi cukup lengkap dibandingkan pertandingan sebelumnya, ketika tumbang melawan tuan rumah Persibo Bojonegoro 0-1.Dua pemain pilar di lini tengah,Mario Karlovic dan Taufiq kembali bisa merumput.

Cedera bahu yang mendera Mario sudah pulih,sedangkan Taufiq terbebas dari hukuman akumulasi kartu. Kehadiran dua pemain ini bisa menutupi kelemahan di lini tengah setelah ditinggal Amaral.Gelandang asal Brasil ini sudah didepak dari Persebaya karena mengalami cedera panjang.“Untuk lini tengah,dua pemain kami Taufiq dan Mario akan turun sudah tidak ada masalah meski tidak ada Amaral,”ujar Pelatih Persebaya Divaldo Alves.

Namun,persoalan Persebaya justru ada di lini belakang setelah Revellino ditinggal di Surabaya akibat cedera.Padahal,dalam empat pertandingan terakhir,mantan pemain Minangkabau FC itu menjadi pilihan utama di barisan pertahanan mendampingi Otavio Dutra.Posisi Revellino kemungkinan besar akan digantikan Khomad Suharto. Sementara di lini depan,Persebaya masih menyimpan misteri.Layak ditunggu apakah Alves punya nyali menurunkan striker anyar Fernando Gaston Soler sejak menit pertama.

Jika berani,perjudian besar akan dilakukan Persebaya karena Soler baru sekali mengikuti latihan.Seandainya Soler tidak turun,Persebaya akan mengandalkan Feri Ariawan sendirian di lini depan. Dalam laga nanti,Persebaya juga masih belum bisa menurunkan penyerang andalannya Andik Vermansyah.Pemain yang dijuluki Messi Indonesiaitu masih diistirahatkan setelah kelelahan usai membela timnas Indonesia U-21 di ajang Sultan Hassanal Bolkiah Trophy bersama dua pemain lain,yakni Miko Ardiyanto dan pemain belakang Fasta.

Problem lain,yakni perjalanan darat dari Balikpapan menuju Bontang yang memakan waktu sekitar enam jam juga dikhawatirkan menguras energi pemain.“Kami masih yakin bisa meraih poin penuh,meski perjalanan ke Bontang cukup melelahkan,”tandas Divaldo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar