Kamis, 14 Juni 2012

Piala Indonesia: Menang Atas Persik, Persebaya ke Semifinal

Persebaya Surabaya menang tipis 3-2 saja atas Persik Kediri di Lapangan Sasana Krida Akademi Angkatan Udara (AAU), Yogyakarta, Rabu (13/6). Meski begitu, hasil ini sudah mengantarkan mereka lolos ke babak semifinal Piala Indonesia 2012.

Persik yang tertinggal agregat 1-3 mencoba menekan di sepanjang 10 menit babak pertama. Akan tetapi serangan mereka hanya sampai di depan kotak 16 meter Persebaya yang kali ini tidak diperkuat Andik Vermansyah.

Bajul Ijo yang terlihat terlambat panas malah mampu unggul terlebih dahulu di menit ke-15. Berawal dari tendangan bebas Mario Karlovic, bola diterima dengan sundulan Otavio Dutra yang mengarahkannya ke Fernando Soler. Tanpa pengawalan, striker Argentina ini mudah saja menaklukkan kiper Wawan Hariono. Gol Soler ini sempat mendapat protes dari pemain Persik yang menganggap Soler terjebak offside. Namun wasit tetap kukuh dengan pendiriannya. Pertandingan berlanjut dan Persebaya masih memegang kendali serangan.

Fernando Soler seolah kembali menjadi bintang di laga ini. Pada menit ke-28 ia mencetak brace ketika mendapatkan bola dari crossing Taufiq. Striker Argentina ini kembali membuat kiper Wawan tak berkutik dan Persebaya unggul 2-0.

Tertinggal dua gol tak lantas menyiutkan nyali Persik. Mereka akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan di menit ke-36, melalui Oliver Makor. Skor 2-1 ini menutup pertandingan babak pertama.

Di awal babak kedua, Persebaya melakukan pergantian pertama. Mat Hali ditarik keluar dan digantikan Edi Gunawan. Setelah lima menit babak ini berjalan terjadi keributan kecil antara Widi Susanto dengan Fernando Soler. Keduanya pun dihadiahi kartu kuning oleh wasit Agus. Buntut dari insiden tersebut, semenit kemudian pelatih Divaldo Alves menarik Soler dan memasukkan Fery Ariawan.

Kepercayaan ini dijawab tuntas Fery dengan membawa Persebaya unggul kian jauh 3-1 di menit ke-75. Menerima umpan matang Rian Wahyu, Feri mudah saja menaklukkan kiper Wawan Hariono.

Setelah kebobolan tiga gol, pelatih Persik, Djoko Malis Mustafa menarik kiper Wawan dan memasukkan Dwi Kuswanto menit ke-77. Sedangkan dari kubu Persebaya, Taufiq ditarik keluar menit ke-80 dan digantikan gelandang muda, Aulia Ardli. Hadirnya Aulia diharapkan bisa memperkuat lini tengah Bajul Ijo.

Semenit menjelang bubar Persebaya harus bermain 10 orang saja. Khomad Suharto mendapat kartu merah setelah melanggar keras Faris Aditama. Eksekusi tendangan bebas Oliver Makor karena pelanggaran tersebut pun tak dapat dibendung Dedi Iman. Skor 3-2 menutup jalannya pertandingan.

Kemenangan ini ini mengantarkan Bajul Ijo lolos ke semifinal Piala Indonesia 2012. Mereka unggul agregat 6-3 atas Macan Putih. Di semifinal nanti, Persebaya tinggal menunggu pemenang antara Semen Padang dengan PSMS Medan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar