Selasa, 27 Maret 2012

Jalani Piala Indonesia dengan Skema Berbeda

PT Liga Prima Indonesia Sportindo (PT LPIS) akan memulai gelaran Piala Indonesia pada Kamis (27/3).Untuk menggelar turnamen itu,PT LPIS setidaknya membutuhkan dana sekitar Rp8 miliar.

CEO PT LPIS Widjayanto tak merisaukan mengenai pendanaan. Pihaknya lebih mementingkan jadwal pertandingan yang kemungkinan akan dijalani dalam skema berbeda. Rencananya,Piala Indonesia akan berjalan enam putaran.Putaran pertama akan digelar pada 27 Maret–3 April, putaran kedua pada 11–18 April, sedangkan putaran ketiga akan digelar pada 9 April–16 Mei 2012.

Untuk putaran final,PT LPIS akan menggelar babak perempat final Piala Indonesia pada 30 Mei–6 Juni.Babak semifinal akan diselenggarakan pada 20–27 Juni mendatang. Sementara partai final Piala Indonesia akan dimainkan pada Juli.Sayang,PT LPIS belum bisa menentukan waktu pelaksanaannya. “Jadwalnya akan segera kami ajukan ke PSSI.Turnamen itu akan dimulai pada 27 Maret setelah mendapat kesepakatan dengan klub-klub peserta Piala Indonesia,” ungkap Widjayanto.

Menurut dia,sistem pertandingan akan coba diperbaharui pihaknya.Rencananya, seluruh laga akan dilakukan dengan sistem kandang dan tandang.Namun,ketentuan tersebut tidak berlaku pada partai puncak karena akan digelar di tempat normal. Walau digelar dengan sistem home away, PT LPIS akan membuat gelaran ini semaksimal mungkin. “Drawinguntuk putaran pertama akan dilakukan lebih fleksibel karena yang tampil hanya tim-tim Divisi Utama.

Mekanismenya,klub-klub Divisi Utama hanya akan berjumpa dengan lawan yang berada pada satu grup,dari tiga grup yang ada di Divisi Utama.Langkah itu diambil demi pertimbangan jarak dan wilayah yang tak terlampau jauh.Jadi,bisa menghemat anggaran mereka juga,”papar Widjayanto.

Untuk meringankan beban klub-klub yang tampil di turnamen yang mempertemukan klub Divisi Utama dan klub-klub dari Indonesian Premier League (IPL),PT LPIS juga menyiapkan subsidi bagi peserta Piala Indonesia.Subsidi yang diberikan sekitar Rp50 juta per klub peserta. “Jumlahnya Rp50 juta untuk semua klub.Mereka akan mendapatkan itu saat Piala Indonesia dimulai.Pendanaan untuk sementara murni dari LPIS.Kami juga masih menunggu ada sponsor yang masuk,” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar