Rabu, 23 Mei 2012

IPL: Wasit Asing Hanya Pimpin Laga Krusial

Ternyata tak semua pertandingan di Indonesian Premier League (IPL) akan dipimpin wasit asing. Menurut CEO PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS), Widjajanto pengadil impor hanya memimpin di pertandingan krusial saja.
Widja, sapannya kepada beritajatim.com beberapa waktu lalu menjelaskan, kewenangan soal wasit asing bukan koridor dari LPIS, melainkan Komite Wasit PSSI. Namun ia tidak menampik, pihaknya sudah berkomunikasi dengan PSSI dan Komite Wasit mengenai penggunaan wasit asing.
"Dan PSSI juga sudah berkomunikasi dengan federasi sepakbola dari negara lain. Yang perlu ditegaskan, wasit asing hanya kita gunakan untuk high risk match," kata Widja.
Sayang Arek Suroboyo ini tidak mendeskripsikan indikator sebuah pertandingan dikatakan krusial atau penuh risiko. Widja juga tidak bisa memastikan kapan wasit-wasit itu akan datang. "Wasit asing hanya satu, yakni yang di tengah. Yang jelas, LPIS sebagai operator liga hanya pengguna, sementara PSSI yang menyediakan," tegas alumni Universitas Airlangga ini.
Seperti yang diberitakan di berbagai media massa, kebutuhan akan wasit asing dianggap mendesak, mengingat kualitas wasit lokal yang cenderung dianggap tidak netral. Selama ini, tim-tim seperti Persebaya, Arema, Persiba, Bontang FC maupun tim lainnya, sudah sering komplain soal kepemimpinan wasit.
Namun hingga kini tak ada perubahan. Sementara itu, lanjut Widja, selain memimpin pertandingan, wasit-wasit asing itu juga akan memberikan pelatihan untuk wasit lokal Indonesia. Diharapkan dengan pelatihan ini, kualitas wasit asing semakin bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar