Rabu, 23 Mei 2012

Persebaya Diminta Stop Euforia

Euforia kemenangan telak 4-1 atas tim asal Malaysia,Negeri Sembilan FA,dalam laga uji coba di Stadion Gelora Bung Tomo harus segera dihentikan.Bledug Ijo harus membuktikan tidak hanya bisa menang besar dalam pertandingan uji coba.

Peringatan itu pantas diberikan kepada Persebaya.Sebab,dalam setiap laga uji coba melawan tim asal Malaysia,Erol Iba dkk selalu mencetak banyak gol. Sebelumnya,ketika menghadapi juara Malaysia Super League (MSL) Kelantan FA di ajang Unity Cup,akhir tahun lalu, Persebaya juga mampu mencetak tiga gol di kandang sendiri. Namun,justru di ajang kompetisi resmi Indonesian Premier League (IPL), Persebaya tampil angin-anginan.

Dari 16 laga yang sudah dijalani,Persebaya nyaris tak mampu pesta gol di kandang sendiri. Kemenangan paling besar hanya dicatatkan ketika menekuk PSM Makassar 2-0. Selebihnya,Erol Iba dkk hanya mampu menang tak lebih dari selisih cuma satu gol. Akibatnya,dalam klasemen sementara IPL,Persebaya masuk kategori tim kurang produktif dengan hanya mengemas 17 gol dan kebobolan 16 gol dari 15 laga.

Dari sisi ketajaman,Persebaya masih kalah dengan tim-tim yang posisinya berada di bawah Persebaya dalam klasemen sementara IPL. Seperti peringkat 7,Persija dengan mendulang 27 gol.Persebaya berada di peringkat 6. Kesempatan Persebaya menghilangkan stigma cuma tim jago uji coba terbuka saat menjamu Persibo Bojonegoro di Stadion Gelora Bung Tomo,Minggu (27/5).

Meski, Persibo berada di peringkat 3,dapat dipastikan akan tampil pincang karena sejumlah pemain pilarnya masih memperkuat timnas Indonesia di Turnamen Al Nakhbah,Palestina, termasuk dua striker Samsul Arif dan M Noor Iskandar. Manajer Saleh Hanifah berharap kemenangan atas Negeri Sembilan menjadi modal berharga menghadapi Laskar Angling Dharma,julukan Persibo. Apalagi kemenangan menjadi harga mati untuk membuka kembali peluang Persebaya bersaing dalam perebutan juara IPL musim pertama ini.

“Mudah-mudahan hasil kemarin bisa menambah kepercayaan diri pemain saat melawan Persibo nanti,“ ucapnya. Sayangnya,Persebaya belum melakukan persiapan melawan Persibo. Kesannya,justru masih menikmati kemenangan atas Negeri Sembilan.Erol dkk baru kembali menjalani latihan Selasa (22/5).“Latihan baru Selasa,kami belum bisa bicara pertandingan lawan Persibo. Biarkan tim ini menikmati kemenangan dulu,”ujar Pelatih Persebaya Divaldo Alves.

Selain masih memanjakan pemain dengan libur dua hari,Divaldo juga meminta perubahan jadwal pertandingan karena jadwal padat.Seharusnya jadwal terdekat Persebaya adalah melawan PSLS pada leg kedua Piala Indonesia,Kamis (24/5).Permintaan pengunduran jadwal diajukan manajemen Persebaya ke PT LPIS dan mendapatkan restu.Akhirnya laga lawan PSLS diundur menjadi Rabu (30/5).

Dengan pengunduran jadwal Piala Indonesia,Persebaya seharusnya punya persiapan lebih baik melawan Persibo. Tidak ada lagi alasan kelelahan karena masa jeda pertandingan sudah satu pekan. Jadi,saatnya membuktikan Persebaya bukan tim jago uji coba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar