Rabu, 23 Mei 2012

Persebaya Buka Jalan Pembentukan Liga ASEAN

Persebaya Surabaya dinilai turut berperan aktif membuka jalan bagi terbentuknya Liga ASEAN. Pengakuan ini diberikan CEO LPIS Widjajanto usai menyaksikan laga Persebaya kontra Negeri Sembilan FA, Sabtu (19/5).

"Persebaya berperan besar guna mendorong terbentuknya Liga Asean," tukasnya.

Persebaya memang telah dua kali menghadapi tim papan atas Malaysia Super League (MSL), yakni Kelantan FA dan Negeri Sembilan FA. Ke depan, pertandingan tersebut akan diperluas dengan melibatkan negara-negara Asean lainnya.


Widjajanto menjelaskan, pertandingan-pertandingan itu adalah murni inisiatif dari klub. LPIS dan regulator MSL dalam hal ini adalah jembatan untuk mewujudkan pertandingan antara tim-tim dari Indonesia dan Malaysia. "Itu inisiatif klub peserta IPL dan MSL, kami hanya menfasilitasi. Sekarang mereka mengusahakan untuk kelangsungannya," kata Widja, sapaannya.

Widja tak menampik kemungkinan akan merambah negara kuat Asean lainnya, seperti Thailand, Singapura atau Vietnam. Sebab, sudah ada pembahasan di antara menteri olahraga masing-masing negara. "Seperti yang disampaikan Pak Menpora di Unity cup lalu, pertandingan-pertandingan ini adalah bibit menuju Liga ASEAN," imbuhnya.

Lantas, kapan tim-tim dari Indonesia bisa tanding lawan tim kuat dari negara selain Malaysia? "Pelan-pelan pasti mengarah ke sana. Nantinya tak hanya Malaysia, bisa juga Thailand atau Singapura," jelas Widja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar