Kamis, 26 April 2012

Persebaya Gagal Duetkan Soler dan Brizuela

Tekad Persebaya bisa menduetkan dua pemain asal Argentina, Fernando Soler dan pemain anyar Walter Brizuela Benitez dalam laga melawan Persema Malang di Stadion Gajayana, Minggu (22/4), harus ditunda dulu. Pasalnya, Fernando Soler dipastikan absen karena akumulasi kartu kuning.

Kepastian Fernando Soler harus menjalani hukuman satu kali larangan bermain akibat akumulasi kartu terjawab setelah Persebaya menerima nota larangan dari PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS), siang kemarin. Dalam nota larangan itu, Soler menjadi satu-satunya pemain Persebaya yang dilarang tampil karena sudah menerima dua kartu kuning, yaitu ketika menghadapi Semen Padang dan Bontang FC.

Sebelumnya, kubu Persebaya ngotot jika Soler tidak menerima kartu kuning saat laga melawan Semen Padang. Bahkan striker yang sudah mengemas tiga gol dalam dua laga itu disiapkan Pelatih Divaldo Alves dalam laga melawan Persema. Rencananya, Soler akan diduaetkan dengan gelandang baru sesama Argentina, Walter Brizuela Benitez. Mantan pemain Pelita Jaya dan Deltras Sidoarjo ini baru resmi dikontrak Persebaya, pekan lalu.

Anehnya, dalam nota larangan tersebut tidak ada nama Mario Karlovic. Padahal sebelumnya, pihak Persebaya baik Divaldo Alves maupun Manajer Persebaya Saleh Hanifah mengatakan jika Karlovic yang harus absen lawan Persema, bukan Fernando Soler. “Berdasarkan surat yang kami terima, hanya Soler yang absen, Karlovic tetap main,” ujar Saleh Hanifah, sore kemarin.

Ditambahkan Saleh, simpang siur masalah akumulasi kartu tidak perlu dipermasalahkan. Sebab, keterangan soal absen atau tidaknya Soler dan Karlovic berdasarkan formulir dari match commissioner report formulir C-10, bukan surat larangan bermain dari LPIS yang baru keluar kemarin. “Jadi resminya tiga pemain tidak bisa tampil di pertandingan itu. Dua pemain Persema dan satu pemain Persebaya, yaitu Soler,” tandasnya.

Selain Soler, Persebaya juga belum tentu bisa memainkan Walter Brizuela. Sebab, sampai dengan petang kemarin, pemain berusia 31 tahun itu belum mendapatkan pengesahan dari PT LPIS. Namun Persebaya tetap membawa Brizuela dalam 21 rombongan pemain yang akan berangkat ke Malang, Sabtu (21/4) pagi ini.

Rencananya, Persebaya akan menjajal lapangan Stadion Gajayana, sore harinya. “Tetap kami bawa untuk jaga-jaga, siapa tahu pengesahan keluar beberapa jam sebelum pertandingan,” ucap Saleh Hanifah.

Meski belum bisa memastikan status Brizuela, kubu Persebaya tetap bisa bernafas lega. Sebab, selain mendapatkan keajaiban Karlovic lolos dari akumulasi kartu, empat pemain pilar yang terpanggil dalam skuad Timnas Indonesia juga bisa merumput. "Tiga pemain yang ikut seleksi Timnas Senior berangkat menyusul, mereka dari Yogya akan langsung ke Malang, " jelasanya.

Seperti diketahui, tiga pemain Persebaya yaitu kiper Endra Pras, gelandang Taufiq dan Rendi Irawan sejak dua hari lalu sudah berada di Yogyakarta mengikuti seleksi pemain Timnas Senior yang diproykesikan tampil pada Turnamen di Palestina. Selain itu, Andik Vermansyah juga tetap memperkuat Persebaya setelah masuk dalam daftar pemain yang dipanggil untuk memperkuat Timnas U-22.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar