Kamis, 26 April 2012

Persebaya Selalu Kalah di Makassar

Pertandingan away ke kandang PSM, Stadion Andi Mattalata, Makassar, Sabtu (28/4/2012) besok lusa, adalah laga berat bagi tim tamu Persebaya. Sebab berdasarkan catatan statistik, Bajul Ijo selalu kalah jika tandang ke Makassar. Tragisnya, mereka tidak pernah bisa mencetak gol di Andi Mattalatta sejak 2004.
Jika melihat head to head kedua tim, sukar memprediksi Persebaya bisa mencuri poin, minimal satu, di stadion berkapasitas 30.000 ribu tempat duduk itu. Bagaimana tidak, faktanya, dalam lima pertandingan terakhir dimana Juku Eja, julukan PSM didapuk sebagai tuan rumah, lima kali pula mereka dapat mengamankan poin absolut.
Fakta lain menyebutkan, selama kurang lebih delapan tahun, Persebaya tidak pernah mencetak satu gol pun saat tandang ke Makassar. Terakhir, tim kebanggan Bonek mampu mencuri satu gol saat kalah telak 1-3 di Andi Mattalatta, September 2004 silam.
Pertemuan terakhir kedua tim di Andi Mattalatta terjadi 24 April 2011. Kala itu Persebaya yang tak didampingi pelatih Aji Santoso, menyerah dengan skor telak 0-4 atas PSM. Dalam pertandingan yang terjadi di kompetisi Liga Primer Indonesia itu, empat gol PSM masing-masing dicetak Andi Oddang, Erol Iba (OG) dan dua gol M Rahmat.
Anak asuh Petar Segrt juga dikenal superior ketika bermain di kandang sendiri. Dari tujuh kali partai, lima di antaranya berakhir dengan kemenangan. Sedangkan dua pertandingan sisa berakhir dengan skor imbang. Selain itu, sejak kalah dari Arema, 17 Maret lalu, hingga kini Andik Oddang cs belum terkalahkan. Terakhir mereka menahan imbang 0-0 tuan rumah PSMS.
Sementara Persebaya menelan tiga kali kalah dalam lima pertandingan terakhir. Tim besutan Divaldo Alves mencetak double kalah di dua laga away lawan Semen Padang dan Persema. PSM juga memiliki pemain-pemain yang pernah berkostum Persebaya, seperti Andi Oddang, Satrio Syam dan kiper Deni Marcel.
Meski lawan tergolong berat, dan catatan statistik yang tak berpihak ke timnya, Divaldo Alves masih yakin Bajul Ijo bisa mendapatkan angka di Makassar. "Mudah-mudahan kita bisa ambil poin di sana," harap pelatih asal Portugal.

Lima Pertandingan Terakhir PSM Vs Persebaya
24 April 2011: PSM vs Persebaya: 4 - 0
14 Maret 2010: PSM vs Persebaya: 2 - 0
28 Februari 2007: PSM vs Persebaya: 1 - 0
18 Mei 2005: PSM vs Persebaya: 2 - 0
29 September 2004: PSM vs Persebaya: 3 - 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar